Fakultas Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah

Keunggulan

1. Sejarah dan Latar Belakang

Fakultas Tarbiyah IAI Ar-Risalah Inhil Riau merupakan salah satu fakultas unggulan yang berfokus pada pengembangan ilmu pendidikan Islam. Fakultas ini bertujuan mencetak tenaga pendidik profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, akademik, dan spiritual, serta mampu berkontribusi dalam dunia pendidikan Islam di era digital.

Dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi pendidikan, Fakultas Tarbiyah mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan inovasi dalam pembelajaran berbasis digital, teknologi edukasi, dan metodologi pengajaran interaktif.


2. Program Studi

Fakultas Tarbiyah memiliki tiga program studi yang berorientasi pada pengembangan pendidikan Islam:

1. Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

  • Berfokus pada pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara profesional.
  • Mempelajari strategi manajemen sekolah, kurikulum, serta kebijakan pendidikan Islam.

2. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

  • Mengembangkan tenaga pendidik yang memiliki pemahaman psikologi anak dan metode pengajaran Islam bagi anak usia dini.
  • Menggunakan pendekatan edukasi berbasis digital dan pembelajaran kreatif untuk anak-anak.

3. Tadris Bahasa Inggris (TBI)

  • Mempersiapkan pendidik yang kompeten dalam pengajaran Bahasa Inggris berbasis nilai Islam.
  • Mengembangkan keterampilan komunikasi global dengan pendekatan teknologi dan media digital.

3. Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Mewujudkan Fakultas Tarbiyah sebagai pusat unggulan dalam pengembangan pendidikan Islam berbasis kejujuran, riset ilmiah, dan pemberdayaan masyarakat serta berdaya saing global pada tahun 2040.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang mengintegrasikan ilmu pendidikan Islam dengan inovasi teknologi dan digitalisasi pembelajaran.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan Islam yang berkontribusi bagi dunia akademik dan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program pemberdayaan dalam bidang pendidikan Islam.
  4. Meningkatkan sistem tata kelola pendidikan yang berbasis manajemen akademik modern.
  5. Memperluas jaringan kerja sama dengan lembaga pendidikan Islam, pesantren, serta institusi pendidikan nasional dan internasional.

Tujuan

  • Menghasilkan tenaga pendidik Islam yang kompeten, inovatif, dan memiliki pemahaman keislaman yang kuat.
  • Mengembangkan metode pembelajaran berbasis digital dan interaktif dalam sistem pendidikan Islam.
  • Meningkatkan penelitian dalam bidang pendidikan Islam, manajemen pendidikan, dan linguistik Islam.
  • Mendorong lulusan agar memiliki keterampilan wirausaha di bidang pendidikan Islam.

4. Keunggulan Fakultas Tarbiyah

1. Kurikulum Berbasis Teknologi Pendidikan

  • Integrasi ilmu pendidikan Islam dengan metode pembelajaran berbasis digital.
  • Penggunaan Learning Management System (LMS), e-learning, dan media interaktif dalam pengajaran.

2. Dosen dan Praktisi Pendidikan Berpengalaman

  • Didukung oleh akademisi, praktisi pendidikan, dan tenaga pengajar profesional di bidang pendidikan Islam.
  • Kolaborasi dengan pakar metodologi pembelajaran dan psikologi pendidikan Islam.

3. Laboratorium Pendidikan dan Media Pembelajaran

  • Memfasilitasi mahasiswa dengan laboratorium microteaching, kelas digital, dan teknologi edukasi.
  • Simulasi pengajaran untuk meningkatkan keterampilan pedagogik mahasiswa.

4. Program Magang dan Praktik Lapangan

  • Mahasiswa mendapatkan pengalaman magang di sekolah Islam, pesantren, dan lembaga pendidikan.
  • Studi lapangan ke lembaga pendidikan berbasis Islam untuk memahami pengelolaan pendidikan secara langsung.

5. Jaringan Kerja Sama yang Luas

  • Fakultas menjalin kemitraan dengan berbagai madrasah, pesantren, universitas Islam, dan organisasi pendidikan.
  • Bekerjasama dengan lembaga pendidikan internasional dalam pengembangan pendidikan Islam.

Prospek Karir

Lulusan Fakultas Tarbiyah memiliki peluang karir yang luas di berbagai sektor pendidikan dan pengembangan ilmu Islam.


1. Sektor Pendidikan dan Pengajaran

  • Guru di sekolah Islam, madrasah, dan pesantren.
  • Dosen di perguruan tinggi Islam setelah menempuh studi lanjut (S2/S3).
  • Pengembang kurikulum pendidikan Islam untuk sekolah dan pesantren.
  • Trainer pendidikan Islam dan metodologi pembelajaran.

2. Sektor Manajemen Pendidikan Islam

  • Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, atau pengelola madrasah dan pesantren.
  • Pengelola lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) Islami.
  • Administrator akademik di perguruan tinggi Islam.

3. Sektor Jurnalistik dan Penelitian

  • Peneliti dalam bidang pendidikan Islam dan metodologi pengajaran.
  • Editor dan penulis buku pendidikan Islam.
  • Kreator konten edukasi Islam berbasis digital.

4. Sektor Wirausaha dan Edupreneur

  • Pendiri sekolah Islam terpadu atau pesantren modern.
  • Pemilik startup edukasi Islam berbasis teknologi.
  • Konsultan pendidikan Islam untuk sekolah-sekolah berbasis syariah.

6. Digitalisasi Pendidikan Islam dan Pengajaran Berbasis Teknologi

Fakultas Tarbiyah IAI Ar-Risalah Inhil Riau terus mengembangkan kurikulum berbasis teknologi untuk mendukung efektivitas pembelajaran, termasuk:

  • E-learning berbasis Islam untuk pengajaran online.
  • Integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam sistem pembelajaran Islam.
  • Pengembangan aplikasi pendidikan Islam dan game edukatif Islami.
  • Pelatihan keterampilan digital bagi calon guru Islam.

Dengan pendekatan ini, Fakultas Tarbiyah IAI Ar-Risalah Inhil Riau menjadi pelopor pendidikan Islam berbasis teknologi di Indonesia.

Fakultas Tarbiyah IAI Ar-Risalah Inhil Riau menjadi pusat unggulan dalam pengembangan pendidikan Islam, manajemen pendidikan, dan teknologi pembelajaran.

Dengan kurikulum inovatif, tenaga pengajar profesional, serta fasilitas berbasis teknologi, lulusan Fakultas Tarbiyah siap berkontribusi dalam dunia pendidikan Islam, baik sebagai pendidik, manajer pendidikan, maupun akademisi.

tarbiyah
Alamat :
Telp :
Email :
Website :

Program Studi

Sarjana (S1)

Manajemen Pendidikan Islam
Tadris Bahasa Inggris
Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Magister (S2)

No data was found

Doktor (S3)

No data was found